arah lnb c band

Cara Memasang LNB C Band Satelit Palapa & Telkom

Pertama yang harus sobat perhatikan dalam memasang LNB adalah letak LNB atau posisi LNB pada titik fokus pada dish parabola sobat. dalam hal ini bisa sangat mempengaruhi dalam penerimaan/sinyal yang masuk, Sinyal yang dipantulkan dari dish parabola terfokus atau terkumpul di satu titik dimana LNB berada.
Memposisikan LNB pada titik fokus juga bisa sangat sulit namun juga bisa sangat mudah untuk dilakukan. Sulitnya adalah setelah LNB terpasang hasilnya tidak dapat menerima sinyal satelit dengan baik atau tidak ada sama sekali, yamg di karnakan LNB yang sobat pasang berkemungkinan tidak terletak pada titik tengah atau fokus dish, atau bisa saja karna LNB yang miring.

Untuk tracking satelit berfrekuensi C Band, lebih bagus dish mesh,disarankan yang 7 atau 8 feet keatas (semakin besar diameter tentunya semakin kuat daya penangkapan sinyalnya dan itu pun juga tergantung keahlian trackingnya), bisa saja dengan LNB yang sudah fokus, jarak antara LNB Palapa C dengan Telkom sudah benar jika sobat tidak teliti dan bersabar tentu sinyal frekwensi yang sobat cari tidak akan membuahkan hasil.

Perlu juga sobat ketahui perbandingan daya penangkapan antara dish mesh dan dish solid dengan diameter sama untuk LNB C Band, adalah setara (sama), rata2 demikian. Namun lebih disarankan dish mesh karena harga lebih murah dan ekonomis dibandingkan dish solid, (contoh perbandingan harga 8 feet mesh berbanding 8 feet solid = 400-450rb berbanding 3jt)

Perhatikan Cara memasang LNB C Band palapa D/Telkom berikut :

Pada bagian pertama untuk arah kedua LNB sobat sejajarkan titik nol petunjuk arah dengan posisi yang berhadapan yang terlihat pada bagian atas LNB, tapi jangan sobat salah mengira pasang dengan arah yang berlawanan tentu boleh2 saja,itu tergantung keahlian tracking sobat, untuk lebih jelasnya sobat bisa perhatikan gambar dibawah ini.
arah lnb c band
Kemudian yang kedua kedalaman LNB, pada bagian bawah LNB tertera petunjuk untuk ukuran kedalaman pemasangan LNB pada Bracket, ini berguna untuk menyesuaikan titik fokus pantulan dari Dish antena parabola. Kedalaman dapat sobat atur disesuaikan dengan besar kecilnya sinyal yang masuk.
klo dari pengalaman saya kebiasaanya terletak pada garis yang bertulisan 40, namun saat proses pencarian sinyal dengan kedalaman LNB yang telah di atur pada posisi 40 belum juga berhasil menemukan sinyal terkecil di Palapa C atau bisa dikatakan SCTV/INDOSIAR , sobat bisa menyetel dengan menurun dan naikkan tiang fokusnya.
kedalaman lnb c band
sekarang untuk jarak antar LNB.
Untuk parabola yang berukuran 8 ,10 dan 12 feet, maka jarak LNB yang satu dengan yang satunya lagi adalah berkisar antara 4 , 5 dan 6 cm
Untuk parabola yang berukuran 7 atau 6 feet, maka jarak LNB yang satu dengan yang satunya lagi adalah berkisar antara 1,15 sampai 2 cm atau 2,5-3 cm untuk yang 7 feet.

Ukuran jarak ini diukur dari sisi tabung LNB. Beda halnya yang menggunakan rumus teori, maka jarak LNB diukur dari tengah lubang tabung setiap LNB.

Dengan demikian, anda sudah bisa memsangkan LNB tersebut pada tiang focus. Tindakan selanjutnya adalah melakukan penyetelan atau pencarian signal, mudah-mudahan sobat sudah dapat ngelock semua siaran yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *