cara memilih web hosting yang baik

Cara Memilih Web Hosting Yang Baik Agar Tidak Mengecewakan

cara memilih web hosting yang baikPada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana Cara Memilih Web Hosting Yang Baik. Dengan banyaknya penyedia web hosting yang bermunculan dengan beragam penawarannya saat ini sudah seharusnya membuat kita waspada dan berhati-hati saat akan memilihnya. Ini penting karena jasa penyedia layanan Web Hosting akan sangat berpengaruh dengan performa atau kinerja website kita untuk tampil dihadapan para pegunjung Anda.

Jika salah pilih bisa saja membuat website kita jadi buruk dan tidak bekerja maksimal sehingga merugikan kita. Untuk menghindari hal ini, maka Anda harus memiliki beberapa trik untuk memilih jasa penyedia web hosting yang baik. Berikut beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk memiih penyedia jasa web hosting yang dapat diandalkan dan mampu membuat website Anda bekerja optimal.

  1. Spesifikasi hosting yang dibutuhkan

Cara Memilih Web Hosting Yang Baik

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat memilih hosting adalah memahami spek yang Anda butuhkan. Ingat, apa tujuan Anda membuat website? Kalau hanya untuk belajar, hanya sebagai blog personal saja atau blog profesional yang dapat menghasilkan income dalam jangka waktu panjang.

  1. Uptime score

Cara Memilih Web Hosting Yang Baik

Berikutnya yang perlu diperhatikan adalah uptime, Anda harus memilih server yang bagus yakni selalu up and running dengan koneksi internet dari server atau hosting yang dipilih juga dalam keadaan baik. Nilai yang direkomendasikan adalah 99.5% ke atas. Di bawah 99% tidak di rekomendasikan.

  1. Bandwith

Cara Memilih Web Hosting Yang Baik

Bandwidth adalah batasan akses data yang dimiliki oleh sebuah server hosting. Saat sebuah server mencapai batasan bandwith, maka server berikut website tersebut tidak akan bisa diakses alias down. Tentu saja hal seperti ini sangat tidak diinginkan semua pemilik website. Jika Server down berarti pengunjung akan kecewa dan pergi karena tidak dapat mengakses web Anda. Pilihlah yang bandwidthnya unlimited. Jadi tidak ada batasan pemakaian.

  1. Lokasi server

Pilihlah lokasi server berada di sekitar target pengunjung web Anda. Apabila target pengunjung Anda mayoritas adalah orang Indonesia maka akan lebih baik jika lokasi server berada di Indonesia atau paling tidak di Singapore. Bahkan untuk server Singapore sangat dianjurkan karena server mereka dipercaya mempunyai tingkat kestabilan dan kecepatan lebih baik dibanding server lokal.

  1. Multi add on domain

perhatikan hosting yang Anda pilih, apakah support multi add on domain atau tidak. Harusnya sih sekarang hampir semua penyedia hosting telah support ini. Dalam beberapa paket tertentu biasanya webhosting rata-rata akan membatasi sampai 10 domain namun ada beberapa diantaranya juga yang unlimited add on domain juga.

  1. Script support

Script yang saya maksud adalah tool atau alat yang berguna untuk mempermudah pengelolaan situs web Anda. Menurut saya, pilih provider hosting yang menyediakan script Softaculous dan cPanel. jika tanpa script ini pengguna layanan hosting akan mengalami kesulitan dalam melakukan pengelolaan hosting yang dimilikinya.

  1. Pilihan upgrade

Ketika Anda memutuskan untuk mengambil paket hosting personal namun di tengah jalan Anda berpikiran lain dan ingin menggantinya ke paket bisnis, nah pastikan bahwa pilihan upgrade tersedia pada layanan hosting tersebut. Jangan membuat Anda susah di kemudian hari hanya untuk pindah tempat hosting baru lagi. Adapun hal yang bisa mempengaruhi keinginan upgrade hosting ini adalah karena volume trafik. Anda mungkin tidak pernah membayangkan jika pengunjung situs Anda terus bertambah dari hari ke hari, bulan demi bulan. Sehingga kondisi ini memaksa Anda untuk segera menambah bandwith dengan cara upgrade.

  1. Dukungan teknis/Customer support

Untuk menghadapi permasalahan web yang tidak bisa diakses secara tiba-tiba. Atau banyak hal lain yang terjadi dan tidak dapat saya tangani sendiri, sehingga mau tidak mau harus melibatkan dukungan pihak penyedia hosting. Hal seperti ini yang juga harus menjadi perhatian sebelum memilih hosting untuk website Anda.

  1. Harga

Teliti dengan seksama harga yang ditawarkan oleh penyedia web hosting, biasanya mereka memiliki paket-paket harga tertentu, bandingkan beberapa web hosting agar anda bisa mengetahui dengan pasti pasaran harga hosting. Sekarang ini banyak penyedia Hosting Murah yang juga berkualitas. Tapi tentu saja kita tetap harus berhati hati dalam memilihnya.

  1. Jumlah clien

Salah satu cara memilih hosting yang baik adalah dengan mengetahui jumlah client dari provider tersebut. Umumnya, semakin banyak pelanggannya maka kemungkinan layanan hosting tersebut memang bagus karena terbukti diminati banyak orang. Kesuksesan hosting provider bisa dilihat dari jumlah clientnya

  1. Garansi

Garansi akan menjadi sangat penting saat memilih hosting baru untuk web Anda. Garansi diperlukan sebagai sebuah persiapan jika setelah berjalan ternyata pelayanan di provider hosting yang Anda sewa memiliki kualitas yang buruk, atau mereka menyalahi janji atau apapun yang telah disepakati sebelumnya. Saat ini banyak provider hosting yang bisa memberikan garansi uang kembali 100% dalam 30 hari kepada pelanggannya.

  1. Gratis SSL/HTTPS untuk keamanan

Secure Socket Layer / SSL adalah fasilitas standar untuk mengenkripsi komunikasi antara pengguna dengan website Anda secara aman, mencegah penyadapan dan pencurian data penting yang dikirimkan ke website – password, transaksi keuangan, informasi kartu kredit, dll. Anda dapat memastikan bahwa website dan pelanggan Anda aman dengan koneksi HTTPS ini. Untuk mendapatkan fitur ini biasanya dihargai sangat mahal, tapi ada juga yang gratis.

  1. PROGRAM AFILIASI

Dengan adanya program ini anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan merekomendasikan keteman atau sodara anda untuk bergabung menggunakan hosting yang ada.

Cara Memilih Web Hosting Yang Baik

Setelah perhatikan seluruh tips Cara Memilih Web Hosting Yang Baik semua nya ada diĀ  niaga hoster, karena di niaga hoster sudah terpenuhi semua syarat syarat sebagai penyedia hosting yang baik, sampai sekarang juga saya masih setia menjadi pelanggan niaga hoster Karena setiap kali ada masalah pada server mereka dengan cepat merespot dari tim supportnya, juga harganya pun bersahabat dikantong khususnya buat yang masih tahap belajar. Apalagi sekarang ini masih ada diskon hingga 40% untuk pelanggan baru. Untuk pemula anda jangan takut untuk bertanya karena akan dipandu oleh tim support yang ramah dan menyenangkan. Jika anda berminat anda bisa kunjungi di klik disini.

Itu saja tips yang bisa saya berikan kali ini semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *