Cara Mengetahui Siapa Yang Menggunakan WiFi Kita

Password Wi-Fi saja tidak cukup untuk menjaga tetangga atau orang lain dari mencuri koneksi internet anda. Anda mungkin memperhatikan bahwa situs web, video, transfel file tidak secepat dulu. Masalahnya mungkin bukan karena pencurian, tetapi karena terlalu banyaknya perangkat yang terhubung pada koneksi internet anda. Tips berikut ini adalah cara mengetahui siapa yang menggunakan Wi-Fi kita :

Untuk sampai ke akar masalah anda dapat menggunakan aplikasi gratis untuk Windows. Mari kita memulai menggunakanya.
1. Langkah pertama download Who Is On My Wi-Fi (sekarang dikenal dengan WIOMW).
2. Langkah kedua install aplikasi yang sudah di download dan ikuti instruksi didalamnya.
Anda dapat mengkonfigurasi berbagai port yang akan di scan

Cara Mengetahui Siapa Yang Menggunakan Wi-Fi Kita

Anda akan melihat daftar alamat IP di jendela aplikasi setelah scan. Masing – masing akan diidentifikasi dengan alamat MAC dan IP local (satu router milik anda).

3. Langkah ketiga mulai mengindentifikasi perangkat yang terhubung pada jaringan anda.
Jika ada banyak koneksi pada jaringan anda (nampak seperti gambar diatas), cara paling mudah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan koneksi perangkat pada jaringan anda adalah dengan memberi label. Untuk memberi label, klik kotak Description pada baris yang diinginkan ketik nama kemudian simpan disudut kanan.

Cara Mengetahui Siapa Yang Menggunakan Wi-Fi Kita

Anda bisa menggunakan perangkat anda untuk mengetahui alamat IP local dan alamat MAC sebagai referensi untuk memberi label.
4. Langkah keempat (Optional) jika anda mengetahui ada orang lain yang menggunakan jaringan Wi-Fi anda, maka anda harus mengubah sandi jaringan anda. Perhatikan bahwa beberapa perangkat yang terhubung dengan jaringan anda bisa di nonaktifkan. Akan muncul dalam daftar “No” pada kolom Connected.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5B3EE8CA50191