sistem operasi komputer

Macam macam Perangkat Lunak Komputer Beserta Fungsinya

Perangkat lunak komputer beserta fungsinya perlu kita ketahui agar kita paham apa saja yang ada di dalam komputer yang kita miliki dan mengerti untuk apa perangkat lunak yang ada di komputer kita. Nah, tidak perlu panjang lebar lagi, langsung saja yuk kita pelajari perangkat lunak komputer apa saja sih yang membuat komputer kita dapat bekerja sebagaimana mestinya.
Macam-macam perangkat lunak komputer dan penjelasannya

Macam-macam perangkat lunak komputer memang memiliki jumlah yang sangat banyak, di sini, kita akan mempelajari 4 diantaranya. Adapun 4 perangkat lunak yang kita pelajari kali ini adalah sebagai berikut:

1. OS atau sistem operasi komputer

Perangkat lunak komputer beserta fungsinya yang kita pelajari pertama adalah sistem operasi komputer. Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak yang paling mendasar dan harus ada untuk membuat komputer dapat bekerja.
sistem operasi komputer
Fungsi dari sistem operasi adalah sebagai otak dari komputer. Dengan kata lain, sistem operasi ini akan mengendalikan dan memberi perintah agar komputer dapat bekerja sesuai dengan yang kita inginkan.
Sistem operasi juga yang menjadi penghubung antara kegiatan yang dilakukan oleh perangkat lunak lainnya dengan perangkat keras yang ada. Sistem operasi adalah perangkat lunak yang sebagai manager dari berbagai aplikasi komputer yang akan di-instal selanjutnya. Contoh perangkat operas yang dapat dengan mudah kita temui adalah Windows, Linux, dan Mac.
2. Perangkat lunak perkantoran

Perangkat lunak komputer beserta fungsinya yang kita pelajari selanjutnya adalah perangkat lunak perkantoran. Perangkat lunak ini mungkin akan terdengar asing, karena perangkat lunak perkantoran ini lebih dikenal dengan merek dagangnya.

Salah satu merek dagang yang terkenal dengan produk software perkantoran nya adalah Microsoft. Microsoft mengeluarkan software yang diberi nama Microsoft office yang isinya merupakan aplikasi yang digunakan untuk keperluan kantor.
Fungsinya bermacam-macam. Ada Microsoft word untuk keperluan pengetikan dan pembuatan dokumen, ada Microsoft excel yang memiliki fungsi untuk kalkulasi data, ada Microsoft Power Point untuk media presentasi, dan berbagai jenis aplikasi pendukung lainnya seperti aplikasi untuk surat menyurat otomatis dan sebagainya.
3. Web browser
Perangkat lunak komputer beserta fungsinya yang kita pelajari berikutnya adalah web browser. Perangkat lunak browser adalah aplikasi yang dapat membuat kita dapat berselancar di internet. Ada banyak jenis web browser yang dapat kita gunakan.
 Kita mungkin sudah sangat familiar dengan beberapa di antaranya. Misalnya saja Chrome, Internet Explorer, Firefox, Opera, dan banyak lagi yang lainnya.

 

4. Perangkat lunak pengolah gambar

Komputer juga dapat mengolah gambar jika Anda mau, ada perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah gambar. Beberapa yang sangat familiar diantaranya adalah Photoshop dan Corel Draw. Ada banyak lagi aplikasi lain yang dapat digunakan sesuai dengan yang disukai dan sesuai dengan fungsi yang diinginkan.
Nah, itu tadi ulasan mengenai 4 macam perangkat lunak komputer beserta fungsinya. Masih banyak lagi perangkat lunak lain yang membuat kita dapat melakukan apa saja menggunakan komputer. Anda bisa menambahkan aplikasi atau perangkat lunak yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *