Perbedaan TV LED dan LCD

Perbedaan TV LED dan LCD, mana yang lebih bagus?

Perbedaan TV LED dan LCDKali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang perbedaan  TV LED dan LCD. Semakin berkembangnya zaman semakin beragam pula model televisi yang diproduksi. Jika dulu kita mengenal TV tabung, kini produksi TV mulai menuju ke TV LCD dan LED yang lebih tipis dan ramping. Lalu apa yang membedakan TV LCD dan TV LED? Beberapa perbedaan berikut rasanya patut Anda ketahui sebelum membeli salah satu diantara keduanya.

 

Ketebalan Layar

Sekilas, perbedaan tv LCD dan tv LED dalam hal ketebalan layar tidak terlalu terlihat. Pasalnya, kedua jenis televisi ini sudah menggunakan lapisan layar yang sama-sama tipis. Namun, jika dilihat lebih detail maka akan terlihat perbedaan diantara keduanya. Layar pada tv LED umumnya akan lebih tipis dibanding tv LCD. Hal tersebut disebabkan karena karena penggunaan material LED di dalam televisi tersebut.

Secara ukuran material LED memang lebih tipis dibanding LCD dengan bahan dasar utama cairan yang butuh tempat lebih luas. Perbedaan material ini akhirnya membuat wadah untuk menampungnya pun berbeda. Tak heran jika ukuran TV LCD akan sedikit lebih tebal dibanding tv LED. Selain itu, bobot yang dimiliki juga cenderung lebih berat dibandingkan TV LED.

Harga Jual

Dengan segala kelebihan yang dimiliki TV LED, jangan heran jika harga yang harus Anda bayarkan pun lebih tinggi dibanding TV LCD. Meskipun demikian, perbedaan tv lcd dan tv led dari segi harga diantaranya tidak terlalu besar yakni hanya berkisar 5-7% dari harga jual tv LCD. Hal ini mungkin akan menjadi salah satu poin penting saat Anda akan membeli tv dengan teknologi terkini, terutama jika budget yang dimiliki tidak terlalu besar. Namun demikian, harga tv LED yang lebih mahal dibanding tv LCD akan terbayar lunas dengan kepuasan saat menonton. Rasa puas inilah yang akan membuat Anda rela mengeluarkan uang lebih untuk menebusnya. Tak heran jika banyak orang yang lebih memilih untuk menggerus sedikit kantongnya demi menebus TV LED dengan harga yang relatif lebih mahal.

Itulah sedikit artikel tentang Perbedaan TV LED dan LCD, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *