Tips Membeli HP Baru Secara Online Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli HP Baru Secara Online Agar Tidak Tertipu —- Smartphone atau Handphone memiliki banyak jenis dan merek dengan spesifikasinya masing-masing. Disini Caraguna akan mengulas sedikit informasi mengenai tips membeli hp secara online agar anda tidak tertipu. Karena dewasa ini, maraknya penipuan dalam transaksi online membuat masyarakat khawatir untuk membeli smartphone melalui toko online.

Tips Membeli HP Baru Secara Online Agar Tidak Tertipu

Berikut ini tips membeli hp secara online agar anda tidak tertipu yang saya jelaskan secara lengkap untuk anda. Penipuan bisa terjadi seperti barang tidak sesuai, barang tidak sampai, kualitas hp buruk, dan masih banyak lagi.

Pilih Merek Atau Tipe HP Yang Di Inginkan

Sebelum membeli handphone, anda harus mengetahui merek atau jenis HP apa yang ingin anda beli. Karena setiap HP memiliki spesifikasi masing-masing. Tentunya merek HP yang akan anda pilih saya rekomendasikan untuk memilih HP dengan brand ternama/terkenal, karena biasanya memiliki kualitas yang bagus.

Baca Juga : Faktor Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Sandbox

Namun anda juga harus berhati-hati terhadap kepalsuan merek dalam penjualan secara online. Solusi untuk permasalahan ini yaitu pilih toko online yang menjelaskan merek HP secara detail.

Periksa Kembali Jika Harga HP Miring Dari Harga Pasaran (Jauh selisihnya)

Banyak sekali metode pemasaran yang dilakukan oleh pihak penjual untuk menarik perhatian pembeli, salah satunya yaitu memberikan diskon maupun banting harga. Mungkin jika memang itu sebuah diskon, masih masuk akal karena hanya diberikan satu kali saja pada saat tertentu.

Namun jika itu merupakan harga asli dari handphone, dan terkesan lebih “murah”, dengan selisih harga yang jauh dari pelapak lainnya, Anda perlu curiga dan waspada untuk membeli produk dari toko online tersebut. Karena bisa jadi hal tersebut merupakan modus penipuan dari penjual.

Cara yang dapat anda lakukan untuk menghindari permasalahan seperti diatas, yaitu lebih jeli dalam memilih produk serta selalu membandingkan produk yang akan dibeli dengan produk sejenis pada toko online lainnya.

Perhatikan Review Atau Reputasi Penjual Dari Para Pelanggan

Cara ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk melihat apakah toko online tersebut dapat menjadi pertimbangan anda untuk membeli HP atau tidak. Dengan melihat review dari pelanggan lain yang telah melakukan transaksi, anda dapat mengetahui secara tidak langsung kualitas dari toko online tersebut bagus atau tidak. Biasanya toko online yang bagus memiliki rating bintang yang tinggi.

Jika review toko online banyak berisi keluhan dari pembeli, sebaiknya anda hindari toko online tersebut jika tidak ingin beresiko terjadinya penipuan atau hal yang tidak diinginkan lainnya. Sebaliknya, toko online yang baik adalah toko yang memiliki review pembeli yang berisi pujian. Entah dari segi pelayanan, respon, maupun kualitas produk.

Tentukan Spesifikasi HP Yang Anda Butuhkan

Spesifikasi HP menjadi salah satu bagian penting bagi anda untuk menentukan kualitas HP yang anda inginkan. Sebelum melakukan transasi secara online, hendaknya anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah HP sesuai dengan spesifikasi yang dicantumkan. Saat ini spesifikasi HP banyak memiliki kemiripan terhadap hp jenis lainnya. Jika hal ini sampai terlewat, bisa jadi nanti produk tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Beli Smartphone Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Pada jaman sekarang ini, banyak orang yang mencari model hp murah dengan kualitas yang tinggi atau dengan spesifikasi yang bagus.

Hal inilah yang sering membuat orang-orang menjadi semakin tergoda untuk membeli produk murah dengan spesifikasi tinggi dengan tidak memperhatikan latar belakang dari toko online tersebut. Alhasil barang sampai tidak sesuai dengan aslinya, bahkan bisa jadi lebih buruk

Baca juga : Tips Dan Cara Membuat Artikel Yang Menarik Untuk Dibaca

Perbedaan harga inilah yang menjadi masalah utama bagi para pembeli untuk menentukan produk yang ingin dibeli. Solusinya yaitu carilah HP yang sesuai dengan kebutuhan anda, hilangkan gengsi atau iri sejenak.

Serta hilangkan kebiasaan untuk untuk mencari produk murah dengan kualitas tinggi, karena harga akan sebanding dengan kualitas. Kecuali harga teman, hehe.

Periksa Semua Kelengkapan, Seperti Segel Dan Keasliannya

Cara berikutnya agar anda tidak tertipu saat membeli HP secara online yaitu lakukan kroscek terlebih dahulu terhadap kelengkapan, segel keaslian dari produk yang ingin dibeli.

Anda pasti tidak mau membeli HP yang dijual dengan harga normal namun memiliki kelengkapan yang tidak lengkap bukan? Hal pertama yang harus anda lakukan seperti memeriksa perlengkapan bawaan dari HP yaitu charger, baterai, earphone, dan kabel USB.

Periksa IMEI-nya

Setiap HP/smartphone yang beredar di pasaran pasti memiliki IMEI. Sedangkan IMEI itu sendiri adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, dimana setiap handphone pasti memilikinya dan merupakan kode unik yang membedakan dengan ponsel lain di seluruh dunia.

Di dalam IMEI ini terdapat data-data penting yang telah tercatat di Kemenperin sebagai ponsel legal. Kode unik yang biasanya berjumlah 15-16 digit ini perlu anda perhatikan jika ingin membeli HP baru.

Kode IMEI tercantum didalam dosbuk HP. Periksa kode IMEI di hp kalian lalu cocokkan dengan dosbuk tersebut. Cara cek IMEI di Handphone (semua merek) dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :

Melalui setting -> about phone -> Status

Ketik *#06# lalu tekan call untuk mengetahui IMEI

Periksa kondisi fisik Handphone

Memeriksa kondisi fisik Handphone secara online memang sangat sulit, dimana kita tidak bisa langsung berinteraksi dengan ponsel sebelum membelinya terlebih dahulu.

Kunci dari tips ini yaitu dengan meminta foto lebih lengkap kepada penjual terkait produk yang ingin anda beli. Meskipun tidak 100% dapat sesuai dengan pilihan anda, namun setidaknya perlu adanya antisipasi supaya anda tidak tertipu.

Pilih Toko Yang Memiliki Rating Bintang Tinggi

Jika anda sering membeli produk secara online, anda pasti sudah tidak asing dengan tips satu ini. Yap, sebelum membeli HP yang anda inginkan, tentukan toko online yang memiliki reputasi atau tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap pelanggan. Hal ini bisa kita ketahui dengan melihat skor rating bintang dari toko tersebut.

Toko yang baik memiliki banyak bintang serta review bagus dari pelanggan. Bahkan sudah memilki pelanggan setianya sendiri.

Seperti yang kita ketahui teknik pemasaran toko online 80% tidak mencantumkan gambar produk secara real (nyata), sehingga anda perlu berhati-hati sebelum membeli ponsel kesayangan anda. Jadi pintar-pintarlah dalam memilih toko online yang ada.

Jangan lupa cek garansi HP

Pastikan HP yang akan anda beli memiliki garansi resmi yang jelas. Sehingga ketika HP anda mengalami kerusakan yang tak disengaja, anda bisa menggunakan kartu garansi tersebut apabila garansi masih belum kadaluarsa.

Hal penting yang harus anda ketahui yaitu penjual yang terpercaya pasti menjual HP lengkap dengan garansinya. Hindari membeli HP yang berlabel garansi berada di toko online karena biasanya HP tersebut tidak bisa digaransikan di service center resmi.

Pilih penjual yang fast respon

Jika anda ingin membeli HP, pastikan penjual memiliki respon yang baik terhadap segala pertanyaan yang anda butuhkan terkait HP tersebut.

Pelayanan yang baik ini lah yang menjadikan ciri penjual yang bagus dan terpercaya. Hindari penjual yang tidak pernah merespon pelanggan, karena dapat beresiko terhadap penipuan ponsel yang akan dibeli.

Itulah tips membeli hp baru secara online yang dapat saya sampaikan. Semoga anda dapat membeli hp kesayangan dengan lancar tanpa penipuan dengan menerapkan tips diatas. Jika ada yang ingin disampaikan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah!

IBX5B3EE8CA50191